Satu Lagi Manfaat ASI, Membuat Anak Lebih Sukses dari Orang Tuanya

Selain penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, manfaat ASI juga terbukti bagus bagi perkembangan sosialnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang diberi ASI lebih mungkin mencapai kelas sosial yang lebih tinggi daripada orang tuanya.

Dalam penelitian ini, sekitar 34.000 orang di Inggris yang lahir pada tahun 1958 atau 1970 dianalisis. Kedua kelompok ini lalu dibandingkan kelas sosialnya saat berusia 33 atau 34 tahun.

Hasilnya menemukan bahwa anak yang diberi ASI cenderung meningkat status sosialnya ketika mencapai dewasa. Maksud peningkatan status yang disebut peneliti adalah anak akhirnya memiliki pekerjaan atau status sosial yang lebih tinggi daripada ayahnya.

Penelitian ini menemukan bahwa pemberian ASI meningkatkan kemungkinan peningkatan status sosial sebesar 24 persen. Selain itu, pemberian ASI juga menurunkan kemungkinan kemerosotan status sosial sebesar 20 persen.

“Salah satu penyebabnya adalah karena adanya peningkatan dalam perkembangan neurologis akibat pemberian ASI pada masa kanak-kanak. Hal ini pada akhirnya membentuk kemampuan kognitif yang lebih baik sehingga membantu anak-anak meningkat strata sosialnya,” kata peneliti seperti dilansir Live Science, Rabu (26/6/2013).

Tak hanya itu, menurut laporan penelitian yang dimuat jurnal Archives of Disease in Childhood ini, anak yang disusui juga lebih sedikit menunjukkan tanda-tanda stres emosional. Hal ini bisa mendukung keberhasilannya di kemudian hari.

Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa nutrisi dalam ASI dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Demikian pula sentuhan kulit antara ibu dengan bayinya juga ditemukan meningkatkan ikatan antara ibu dan anak serta mengurangi stres.

Agaknya, peneliti berpendapat bahwa kombinasi antara nutrisi dan kelekatan ibu – anak ini turut membantu perkembangan kognitif dan psikoogis anak. Sekitar 30 persen peningkatan kemampuan kognitif dan penurunan tingkat stres disebabkan oleh pemberian ASI saat bayi.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada manfaat sosial seumur hidup dari pemberian ASI. Manfaat tersebut akan lebih besar bagi anak-anak yang rentan, misalnya yang lahir prematur atau rendah berat badan lahirnya,” kata peneliti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s